Minggu, 30 Januari 2011

Pentingnya Kegiatan Pembelajaran Musik di Sekolah Dasar

Kegiatan Pembelajaran Musik di Sekolah Dasar
OPINI

Pendidikan musik bagi kebanyakan orang hanya dipandang sebelah mata dan dianggap tidak begitu penting peranannya bagi kehidupan. Saat seorang anak lebih menunjukkan kemampuannya atau berprestasi di bidang seni, orang tua menanggapi hal itu biasa saja dan tidak penting, akan tetapi saat mendapati anak itu menunjukan keahliannya di bidang ilmu pengetahuan lain seperti matematika, bahasa, sain dan lain sebagainya....
maka orang akan beranggapan bahwa anak tersebut hebat.
Namun sadarkah bahwa seni musik amatlah penting peranannya dalam kehidupan kita? Sekarang dunia pendidikan mulai memandang seni musik untuk memajukan hasil pembelajaran dan membantu proses pemelajaran. Dunia pendidikan merasa bahwa seni musik mampu menjadi alat penghantar informasi yang cukup baik dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan pemberian materi tidak lagi monoton, tapi terasa lebih menyenangkan sehingga siswa mampu menyerap materi dengan baik.
Pendidikan Seni di sekolah dasar masih dipandang sebagai momok yang menakutkan. Kali ini bukan pada peserta didik yang takut seni tersebut. Tapi pada keterampilan gurulah yang kurang mampu membelajarkan seni di sekolah dasar. Sehingga banyak guru yang tak mengajarkannya di sekolah dasar. Padahal bagi peserta didik, seni adalah salah satu sebagai pendidikan penting.
Kita kenal bahwa ada istilah pendidikan melalui seni. Begitu pentingnya seni sehingga dikatakan pendidikan dapat melalui seni. Seni adalah unsure penunjang perkembangan anak. Dengan seni, seoranga anak dapat mengekspresikan perasaannya. Seni ada bermacam –macam ada seni music, seni tari, seni drama, dan seni rupa. Keempat jenis seni tersebut sering terabaikan dalam pendidikan oleh guru. Lalu bagaimana pendidikan seni di sekolah dasar? Dalam ini kita akan jabarkan tentang pendidikan seni khususnya seni music di sekolah dasar.
Anak sebagai subyek pembelajaran dalam hal ini, seharusnya kita memiliki strategi dalam membelajarkannya. Karena dalam membelajarkan music disesuiakan dengan perkembangan dari perserta didik pula. Hal yang paling penting dalam hal ini adalah memilih music yang sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Dalam membelajarkan music di sekolah dasar dilakukan secara bertahap dan berpadu tak dapat dilakukan secara terpisah. Contoh yang dapat kita berikan untuk anak adalah dengan memberikan lagu model. Lagu model diajarkan dengan cara mendengarkan lagu tersebut pada anak, menirukan akhirnya anak dapat hafal dengan sendirinya. Dalam lagu model ini pembelajaran dilakukan dari yang mudah dahulu kemudian menjadi yang sulit. Kita tidak mengajarkan dari membaca music dahulu karena hal itu dapat mempersulit peserta didik.
Pemiliha metode pembelajaran music yang sesuai juga sangat diperlukan dalam membelajarkan musik. Kita mengacu pada tujuan bahwa music untuk menumbuhkan kreativitas estetis sehingga peserta didik akan belajar dari tahap yang rendah ke lebih tinggi. Pertama pembelajaran ditekankan pada pengalaman anak tentang music. Kemudian berkembang memiliki pengetahuan dan pengertian tentang music. Selajutnya anak akan dapat mengapresiasikan music, lalu dapat terampil dalam bermain music dan akhirnya sampai pada tujuan music itu sendiri yaitu memiliki kreativitas estetis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar